12 September 2019 09:27:30
Ditulis oleh Humas BPD Sukolilo

Re-Struktur Kepengurusan BUMDes "PEDIMAS" Sukolilo

SID Sukolilo - Upaya Pengembangan ekonomi pedesaan sudah sejak lama dijalankan oleh Pemerintah melalui berbagai program. Namun upaya itu belum membuahkan hasil yang memuaskan sebagaimana diinginkan bersama. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan kurang berhasilnya program-program tersebut. Salah satu faktor yang paling dominan adalah intervensi Pemerintah terlalu besar, akibatnya justru menghambat daya kreativitas dan inovasi masyarakat desa dalam mengelola dan menjalankan mesin ekonomi di pedesaan. Mekanisme kelembagaan ekonomi di pedesaan tidak berjalan efektif dan berimplikasi pada ketergantungan terhadap bantuan Pemerintah sehingga mematikan semangat kemandirian.

Berdirinya Badan Usaha Milik Desa dilandasi oleh UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 213 ayat (1) disebutkan bahwa “Desa dapat mendirikan badan usaha milik desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa” dan juga tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) no. 71 Tahun 2005 Tentang Desa. Pendirian badan usaha desa ini disertai dengan upaya penguatan kapasitas dan didukung oleh kebijakan daerah (Kabupaten/Kota) yang ikut memfasilitasi dan melindungi usaha masyarakat desa dari ancaman persaingan para pemodal besar. Mengingat badan usaha milik Desa merupakan lembaga ekonomi baru yang beroperasi di pedesaan, maka mereka masih membutuhkan landasan yang kuat untuk tumbuh dan berkembang. Pembangun landasan bagi pendirian BUMDes adalah Pemerintah, baik pusat ataupun daerah.

BUMDes dalam operasionalisasinya ditopang oleh lembaga moneter desa (bidang pembiayaan) sebagai bidang yang melakukan transaksi keuangan berupa kredit maupun simpanan. Jika kelembagaan ekonomi kuat dan ditopang kebijakan yang memadai, maka pertumbuhan ekonomi yang disertai dengan pemerataan distribusi aset kepada rakyat secara luas akan mampu menanggulangi berbagai permasalahan ekonomi di pedesaan. Tujuan akhir pendirian BUMDes diharapkan menjadi pioneer dalam menjembatani upaya penguatan ekonomi di pedesaan.

Untuk memberikan dobrakan baru dan inovasi yang bersifat mendongkrak kegiatan yang mampu mensejahterakan warga, Senin (9/9/2019) BPD Sukolilo bersama Pemdes mengadakan temu warga untuk dilakukannya perubahan pengurus BUMDES "PEDIMAS" yang lama diemban oleh Bapak Aziz Sutrisna kemudian diserahkan ke Bapak Widarto, dari hasil Musyawarah Desa menghasilkan tim penggerak Bumdes baru :

  1. Bapak Widarto (Selaku Ketua BUMDes)
  2. Mbak Lia (Selaku Sekertaris)
  3. Purnawati Laksana (Selaku Bendahara)

Semoga dengan adanya perubahan struktur yang baru, mampu memberikan semangat yang cukup untuk memberikan inovasi dan meningkatkan perekonomian dengan tim yang tergolong masih muda. (Admin/BPD)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus