12 Oktober 2019 23:52:42
Ditulis oleh Humas BPD Sukolilo

Jalin Silahturami dengan Giat Rutinitas Rembug Warga

SID Sukolilo - Dalam memahami suatu hal, kita harus memahami arti dari hal tersebut. jika ditilik dari asal kata, kata musyawarah berasal dari bahasa Arab. Penyebaran dari kata ini tidak lepas dari maraknya perdagangan yang ada di negara kita. Bangsa Arab, Gujarat, dan India sering melakukan perdagangan di berbagai daerah di Indonesia. maka dari itu, kata musyawarah ini juga turut tersebar.

Kata musyawarah memiliki kata dasar syawara. Kata ini memiliki arti berunding, merembukan sesuatu, dan lain sebagainya. Kata musyawarah di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti yaitu suatu pembahasan bersama yang memiliki maksud untuk mencapai keputusan atas penyelesaian suatu masalah. Musyawarah sudah mendarah daging di dalam kehidupan bangsa kita. Mulai dari masa-masa prasejarah, manusia sudah menggunakan cara ini untuk mengambil keputusan.

Setelah memahami pengertian dan betapa pentingnya musyawarah itu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita, tentu kita semakin menyadari bahwa musyawarah sangat bersesuaian dengan jati diri bangsa kita sebagai suatu bangsa yang penuh dengan aura gotong royong di tengah masyarakatnya. Salah satunya dilakukan di RT 03 RW 01 Dusun Kradenan (Warga Karanganyar) Desa Sukolilo giat rutinitas setiap tanggal 9 setiap bulan mengadakan Rembug Warga. Selain rembug untuk bertukar pendapat, disini juga ada giat donasi kemanusian, simpan pinjam khusus warga, dan kegiatan lainnya.

Kegiatan yang sangat mendapatkan apresiasi pihak desa dengan kontinyu dalam pelaksanaannya yang konsep anjangsana sesuai giliran hasil arisan warga setempat.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus