24 Juni 2020 19:31:22
Ditulis oleh Humas BPD Sukolilo

Apa itu Kampung Tangguh Semeru?

SID Sukolilo - Kampung Tangguh Semeru adalah program unggulan Polda Jawa Timur, sebagai upaya melawan penyebaran virus Covid-19 yang dilakukan mulai lingkup terkecil, yakni dari desa dan warga sekitar. Program ini akhirnya diadopsi secara nasional dengan nama Kampung Tangguh Nusantara, karena dianggap efektif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menangkal Covid-19.

Program penanggulangan Covid-19 ini berbasis komunitas warga sekitar dan melibatkan semua warga tanpa terkecuali. “Semua berbasis komunitas RT/RW dan semua terlibat, baik dalam membawa ke rumah sakit, diisolasi jika memiliki gejala ringan, terkait ekonomi juga saling membantu. Ini menurut saya sangat luar biasa,” tambahnya.
“ Tentang bagaimana tetap bisa hidup sehat tapi tetap produktif, ada item-item kesepakatan antara lain terus melakukan pencegahan, langkah-langkah kuratif tracing, testing dan treatment yang masif, meningkatkan partisipasi publik, pendisiplinan, dan yang penting kamtibmas terjaga dan tetap produktif ”.

SOP KELUARGA TANGGUH

  • Menyediakan tempat cuci tangan dengan kelengkapannya (sabun maupun hand sanitizer).
  • Selalu menggunakan masker Selalu menggunakan masker baik di dalam maupun di luar rumah.
  • Menerapkan pola hidup bersih dan sehat Menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan mengonsumsi makanan bergizi.
  • Mengganti seluruh pakaian yang digunakan setelah dari luar rumah
  • Melaksanakan pembersihan tubuh secara rutin minimal 2 (dua) kali sehari meskipun tidak keluar dari rumah
  • Menjaga kebersihan dan kesehatan rumah dengan cairan desinfektan.
  • Berada di ruang terbuka dan berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi (15-30 menit)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus