Wilayah Desa

Desa Sukolilo Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban terletak di pantura wilayah bagian barat Kabupaten Tuban yang berbatasan dengan Propinsi Jawa Tengah berj arak 45 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Tuban. Desa Sukolilo Kecamatan Bancar berbatasan dengan:
- Sebelah utara : Laut Jawa
- Sebelah barat : Propinsi Jawa Tengah
- Sebelah selatan : Desa Latsari
- Sebelah timur : Desa Bulu Jowo

2.1.2 Luas Wilayah

Desa Sukolilo Kecamatan Bancar mempunyai luas wilayah 524 ha dengan ketinggian dari permukaan Taut 1-30 meter dan curate hujan berkisar 300 - 400 mm/tahun. Dari luas wilayah, Desa Sukolilo terbagi sebagai berikut :
a. Tegalan (tanah kering) : 229 ha
b. Pekarangan : 24 ha
c. Sawah : 271 ha

2.1.3. Jumlah Penduduk dan Mata Pencaharian

Populasi penduduk Desa Sukolilo Kecamatan Bancar pada bulan Maret 2009 sebanyak 2.563 orang yang terdiri dari 1.256 laki-laki dan 1.307 perempuan. Sedangkan populasi ternak Desa Sukolilo Kecamatan Bancar pada bulan Maret 2009 sebagai berikut :
a. Sapi potong : 975 ekor
b. Kuda : 2 ekor
c. Kambing : 473 ekor
d. Domba : 342 ekor
e. Ayam Buras : 2.411 ekor

Mata pencaharian utama masyarakat Desa Sukolilo Kecamatan Bancar meliputi petani, peternak, nelayan dan sebagian kecil pedagang. Mata pencaharian masyarakat Desa Sukolilo ini di dapat secara turun temurun sehingga bisa dikatakan bahwa masyarakat Desa Sukolilo sangat menguasai bidang mata pencaharian masing-masing. Khusus untuk masyarakat yang mats pencahariannya peternak sapi potong, kegiatannya sudah mengarah kepada agribisnis. Ini tidak terlepas dari dukungan potensi Desa Sukolilo meliputi somber daya manusia peternaak, lahan untuk kandang dan hijauan makanan ternak unggul, limbah pertanian yang tersedia sepanjang tahun meliputi dedak, janggel jagung, jerami, kulit kacang dan lain-lain yang merupakan bahan baku pakan lokal dan mempunyai nilai ekonomis tinggi serta Laut yang menyediakan bahan baku pakan tepung ikan dan tepung rumput Laut.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)