Pengukuhan dan Perpanjangan Masa Jabatan 302 Kepala Desa Se-Kabupaten Tuban

  • Jun 21, 2024
  • Sukolilo

SID Sukolilo, Bancar - Pada hari kamis, tanggal 20 juni tahun 2024 sebanyak 302 Kepala Desa Se Kabupaten Tuban menerima SK Perpanjangan masa jabatan kepala desa, yang sebelumnya masa jabatan 6 tahun menjadi 8 tahun, untuk desa Sukolilo, Bapak Arif Nugroho selaku Kepala Desa maka Jabatan Periode Kepala Desa menjadi 2019-2027. untuk SK tersebut langsung di serahkan langsung oleh Bupati Tuban yaitu Aditya halindra Faridzky, S.E. di Pendopo Kabupaten Tuban.

Dalam sambutannya Mas Lindra sapaan Bupati Tuban mengatakan perubahan lama jabatan Kades telah sesuai regulasi. Adapun lama jabatan Kepala Desa terbaru selama 8 tahun sejak dilantik. Hal tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Menurut Mas Lindra, adanya penambahan lama waktu menjabat merupakan amanah yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab. "Karenanya, program pembangunan yang dijalankan dapat dijalankan dengan lebih optimal," jelasnya. Mengingat, progam pembangunan sempat terhenti untuk penanganan Covid dan pemulihan pascapandemi.

Bupati Tuban menekankan agar Kades segera berkoordinasi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat. Di samping itu, program pemdes hendaknya disinkronkan dengan pemerintah daerah. Langkah tersebut sebagai bentuk percepatan pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten Tuban sesuai dengan tagline Mbangun Deso, Noto Kutho sebagai wujud kolaborasi, inovasi dan berkarya.